Februari 10, 2012

Gunakanlah Waktu Sebaik Mungkin



    Pengarang dan Pendeta asal Belanda, HENDRI NOUWEN, mengaku dalam bukunya In The Name Of JESUS, bahwa dia merasa seolah-olah berada dalam rutinitas selama lebih dari 20 tahun terakhir.
      Nouwen berhasil dalam bidang akademisnya secara luar biasa serta dalam bidang kejian bergengsi lainnya. Tetapi menurutnya, “Saat saya memasuki usia lima puluhan... saya diperhadapkan dengan pertanyaan sederhana, “Apakah dengan menjadi lebih tua saya lebih dekat dengan YESUS”?. Setelah 25 tahun jadi Pendeta, saya sadar bahwa saya jarang berdoa, hidup jauh dari orang lain, dan menghabiskan waktu dengan masalah2 hangat......, suatu pagi saya terbangun dengan kesadaran bahwa saya hidup ditempat yang gelap.......... “
     Nouwen meminta agar TUHAN Menunjukkan kepadanya kemana dia harus pergi dan TUHAN memperjelas bahwa dia harus meninggalkan peran bergengsinya segabai guru bersar terkenal dan bergabung dengan Komunitas L’ARCHE bagi  kaum penyandang cacat mental. Dengan kata-kata Nouwen,” TUHAN berkata, “Pergi dan tinggallah diantara orang yang miskin secara rohani, maka mereka akan menyembuhkanmu”. Maka itulah yang dia lakukan. Dia mendapat banyak pelajaran, sebagian menyakitkan, sebagian memalukan, namun semuanya membuat dia menjadi hamba yang rendah hati serta teman yang penuh kasih dan hangat. Nouwen mulai menyadari, bukan pekerjaan yang membentuk manusia, namun hubungan denagn sesama.

"Apapun yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk TUHAN dan bukan untuk manusia" - Kolose 3:23