Februari 12, 2011

Pemulihan


Proses pemulihan itu penting dan membutuhkan waktu. Banyak orang nampak sehat secara jasmani, tetapi di dalamnya keropos. Berbagai emosi yang disimpan di dalam dirinya telah menggerogotinya. Yang pasti ia tidak berani bercerita kepada siapa-siapa karena malu. Kalau menceritakan hal sukses, orang tentu bangga, tapi kalau masalah kejiawaan sangat sulit untuk diceritakan kepada orang lain, karena nanti jadi bagian dari lingkaran pergosipan. Orang yang membutuhkan, tidak ma dating ke psikiater. Bagi banyak orang, harga diri itu sangat penting. Dari jaman dulu kita kenal dengan istilah bibit, bebet, bobot. Kita selalu harus menjadi turunan orang baik-baik, bermartabat dan mempunyai pengaruh besar. Pesan dari orangtua adalah jangan mempermalukan keluarga, martabat harus dijaga. Kalau kita dalam guncangan kejiwaan dan tidak dipulihkan, maka masalahnya akan semakin mendalam dan untuk menggalinya kembali kembali, akan sangat susah. Seorang psikiater akan selalu menggali masa lalu kita, ia perlu mengetahui mulai kapan terjadinya gangguan kejiwaan dan dari titik itu dia akan mencoba meluruskan masalahnya. Orang yang mengalami gangguan ini akan mengalami banyak fobia, takut gagal, atau hal-hal yang menakutkan lainnya. Yang dia butuhkan adalah pemulihan. Pemulihan itu sendiri merupakan suatu proses, dia bukan barang instan. Pulih berarti bangkit dari suatu luka, untuk kembali berhasil. Psikiater bisa membantu kita, tetapi kita sendiri harus mau berperan menjadi bagian pemulihan tersebut. Jadi ini merupakan masalah kemauan  diri kita untuk bangkit. Kita jangan menyalahkan diri sendiri, memukul diri sendiri dan membuat diri kita tidak berdaya kalau kita mengenang masa lalu. Hal ini dapat membuat kita depresi. Memikul tanggung jawab berarti Anda menyadari suatu fakta bahwa pilihan yang kita buat di masa lalu mempunyai kontribusi untuk keadaan kita saat ini. Kalau memang merupakan kegagalan, terimalah dan tak perlu menyalahkan diri.
·      Jika kita kurang waktu namanya kita kurang bisa mengatur waktu
·      Kalau anak kita melawan kita, berarti kita tidak punya waktu untuk mengajar
·      Kalau anak kita gagal dalam bertanding, artinya kita kurang berlatih
·      Kita gagal dalam sekolah, berarti kita kurang belajar
·      Kita dalam jurang perceraian, berarti kita kurang membagi kasih pada pasangan

Yang penting jangan mencari kambing hitam, tetapi terimalah dan ambillah tanggung jawab dan mau memperbaikinya. Kita jangan memainkan peran korban, karena harganya mahal. Walaupun kita gagal, kita arus mengambil peran pemenang. Gagal itu biasa, karena merupakan bagian dari keberhasilan. Kita cukup bangkit satu kali lebih banyak dari kegagalan kita. Kita juga sering merasa kuat untuk menyelesaikan persoalan menurut cara kita. Kita lupa adanya tawaran pertolongan dari Tuhan melalui api Roh Kudus yang menjadi perantara kita dan memohonkan pertolongan atas nama kita pada Tuhan. Ingatlah:
1.     Kalau Anda tertekan maka jiwa Anda yang hancur akan dipenuhi Roh Tuhan
Ia yang akan merawat Anda dalam keadaan sesulit apapun, seberapa rendahnya kejiwaan Anda. Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa akan memulihkan semangat yang patah. Jadi bertahanlah!
2.     Melalui penderitaan, Anda akan menerima kuasa kasih Tuhan
Percobaan yang Anda alami sudah dirancang sebagai percobaan-percobaan biasa, yang tidak akan melebihi kekuatan kita. Ia akan memberi jalan keluar, supaya kita dapat menaggungnya.
3.     Penderitaan diberikan untuk mengajar kita
Jangan merasa marah karena medapat penderitaan. Penderitaan  membuat  kita menjadi dewasa dalam iman. Kalau kita merasa tertindas, tujuannya untuk kita mengingat janji-janji yang dapat diberikan untuk pemulihan kita

Saudara, jangan tebenah dalam masalah, keluarlah dari masalah, mohon untuk dipulihkan. Pemulihan berarti kita membutuhkan pertolongan dari pihak lain. Kita tidak dapat menyelesaikan masalah dengan kekuatan kita. Pemulihan ini juga hanya sementara karena tubuh kita juga akan meninggalkan dunia ini. Itulah kemenangan yang luar biasa. Kita tidak dapat hidup di dunia selama-lamanya. Waktu juga akan memisahkan kita.