September 10, 2011

Menjadi Perutusan Tuhan

“Lalu Ia berkata kepada mereka: ‘Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk’” – Markus 16:15

    Seorang murid Kristus harus belajar membedakan antara tugas pengutusan bagi semua orang Kristen dan panggilan pribadi. Tugas pengutusan merupakan hal yang umum dan fundamental, sedangkan panggilan pribadi bersifat khusus dan pribadi. Tanggung jawab utama dalam hidup kita adalah menjadi perutusan bagi Yesus Kristus; sementara tanggapan utama dalam hidup kita adalah melaksanakan panggilan pribadi yang ditentukan Allah untuk tugas atau kedududukan yang disediakan bagi kita.                                                           
     Kita mungkin akan memandang karya pekabaran Injil dan berkata, “Saya tidak dipanggil untuk menjadi seorang pekabar Injil.” Itu keliru. Setiap anak Tuhan harus menjadi pekabar Injil. Fungsi khusus Anda dalam melaksanakan tugas pengutusan mungkin berbeda dengan fungsi orang lain; walaupan Allah memanggil kita untuk fungsi yang berbeda, kita semua adalah pekabar Injil-Nya. Kita dapat menjadi seorang pengusaha, dokter, guru, tukang kayu, atau apapun juga sambil melakukan tugas kita sebagai pekabar Injil.                        
    Masalah dasar dalam tugas pengutusan mengabarkan Injil bukanlah terletak pada kenyataan apakah Anda melaksanakan tugas itu di Negara sendiri atau di Negara asing ataupun sebagai seorang awam Kristen. Masalahnya terletak pada apakah Anda mau menerima tugas pengutusan Allah atau tidak. Ketaatan lebih berarti daripada pengorbanan.