Oktober 12, 2012

MENGIKUTI MISI KRISTUS


Bagian ketiga dari hiduo yang harus kusesuaikan dengan pola hidup Kristus adalah "MISI ATAU PENGUTUSANNYA"

Hal ini secara terbuka dinyatakan dalam ucapan Kristus kepada para murid-Nya setelah kebangkitan-Nya.
"Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu" (Yohanes 20:21). Sepanjang hidup-Nya di dunia, Kristus memandang diri-Nya sebagai utusan yang dikirim oleh Allah Bapa (Yohanes 17:3). Ia datang untuk bersaksi tentang Bapa Sorgawi-Nya, untuk mewakili Bapa-Nya didepan manusia. Ia datang untuk menyampaikan secara terus menerus arus kebenaran dari Bapa-Nya kepada manusia. Kasih yang ditunjukan-Nya adalah kasih Bapa yang disingkapkan dalam bentuk manusia. Kristus yang menyatakan Bapa-Nya (Yohanes 1:18).


Dalam pengertian yang sama, tetapi pada lingkup yang lebih kecil, aku harus memberi kesaksian tentang Yesus Kristus. Fungsi hidupku adalah menyampaikan Kabar Baik mengenai Dia, menyatakan kepribadian-nya didalam diriku, serta berbagi kematian dan kebangkitan-Nya dengan orang lain agar mereka juga dapat berbagi keselamatan yang tersedia bagi mereka. Namun aku tidak dapat melakukannya dengan kekuatan sendiri, kehendakku sendiri ataupun berdasarkan talenta dan kemampuanku.
Aku harus diberi wewenang dan kuasa oleh Yang Lain, sama seperti Kristus diberi wewenang dan kuasa oleh Bapa-Nya.

Yohanes 17 adalah pasal "serah terima" yang luar biasa. Dalam pasal ini Yesus akan kembali kepada Bapa, dan Ia ,menyerahkan tugas-Nya kepada para murid-Nya (dan kepada kita). Aku tidak dapat membaca ayat 11-19 tanpa merasakan adanya getaran kesinambungan, aku merupakan sebagian dari suatu misi yang sedang berlangsung terus. Yesus Kristus telah memulai letupan gerakan pengutusan ini, dan semua murid-Nya ditugaskan untuk terus melanjtkannya.

Segala wibawa dan kuasa sorga ada padaku ketika aku pergi untuk menjalankan misi atau pengutusan ini kepada orang lain, entah dilingkungan sekitar tempat tinggalku ataupun suatu daerah yang jauh (Matius 28:18-20).
Seperti Kristus, Tuhanku, aku juga seseorang yang diutus!.


Yohanes 17:18
"Sama seperti Engkau mengutus Aku kedalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka kedalam dunia"