Desember 11, 2013

"LEBIH BAIK MATI DENGAN NAMA BAIK DARI PADA HIDUP DENGAN NAMA BURUK"





Seorang pria suatu ketika mengunjungi pengacaranya dan mengajukan permintaan ini, "Saya hendak bekerja sama dengan seseorang yang tidak saya percayai. Saya ingin Anda membuatkan sebuah kontrak kerja yang ketat sehingga tidak dapat dilanggarnya, tetapi kontrak itu akan melindungi saya dari segala kelicikan yang mungkin dia miliki dalam benaknya".

Pengacara itu menjawab: "Sejujurnya, tidak ada kelompok kata dalam bahasa Inggris yang tepat menggantikan kata kejujuran antara sesama. Tidak satupun yang dapat dimasukkan ke dalam sebuah kontrak yang sanggup melindungi seseorang sepenuhnya, jika salah satu diantara ke dua belah pihak berencana untuk menipu yang lain".

Nama Anda terikat pada karakter Anda. Jika karakter Anda buruk, maka demikian juga nama Anda. Adalah bijak kalau Anda membangun reputasi karena nama baik, reputasi karena jujur, dapat dipercaya, dan setia. Nama Anda tidak hanya mengikuti Anda sepanjang hidup Anda, namun juga seluruh kehidupan anak Anda.

Sebelum bekerja sama dalam bisnis ataupun masuk dalam suatu hubungan kerja, tanyakan kepada diri Anda sendiri:

1. Bagaimana orang ini memperlakukan orang lain? Bicarakanlah dengan para rekan, klien, penjual, dan pegawai sebelumnya.

2. Bagaimana orang ini berbicara tentang bisnis? Apakah dia menyombongkan diri akan menghancurkan orang lain atau berhasil secara licik?

Jika demikian sifatnya, Anda sepertinya sedang berurusan dengan orang yang berhati busuk yang hanya ingin "MEMANFAATKAN" orang lain.

Bekerjalah dengan orang yang memiliki reputasi cemerlang. Kemungkinan besar reputasi Anda sendiri tidak akan ternoda.

 

 

Nama yang harum lebih baik dari pada minyak yang mahal,

~ Pengkhotbah 7 : 1 ~ 

 

Penjelasan :

Nama yang baik jauh lebih berarti dari pada kedudukan sosial yang mapan;
Nama yang baik melambangkan kebaikan sifat yang sejati.
Orang semacam itu mempunyai pengaruh yang lebih permanen atas orang lain dari pada orang yang hanya memperhatikan kedudukan sosial.