Mei 18, 2011

Roh yang Luar Biasa


“Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.” – 2 Timotius 1:7
    Pernahkah Anda merasa takut? Kita semua pasti pernah merasa takut. Takut pada apa? Takut pada hal-hal yang belum tentu terjadi. Misalnya, begitu takut atau kuatir bagaimana kita menghadapi anak-anak kita saat mereka remaja kelak. Sebab begitu banyak remaja yang terjerumus pada pergaulan yang tidak benar. Lalu, ketakutan bagaimana biaya anak-anak sekolah kelak? Apakah bisa membiayai mereka? Adapula rasa ketakutan dalam bersaksi dan memberitahukan kebenaran, berbagai macam ketakutan lainnya, dan masih banyak lagi ketakutan yang sesungguhnya tidak nyata. 
   Ketakutan yang muncul seperti itu membuat kita sering bertindak diluar batas kebenaran. Kita akan memprotelsi diri dengan kemampuan kita sendiri, untuk menghadapi hal yang belum tentu terjadi. Ternyata ketakutan seperti itu justru berasal dari iblis yang membuat kita menjadi ragu pada kuasa Yesus, menjadi merasa tidak mampu meghadapi keadaan. Kelemahan justru diawali dengan rasa takut. Padahal sesungguhnya sebagai anak Tuhan, kita memiliki Roh yang dapat membangkitkan kekatan, Roh yang membuat kita dapat menghadapi keadaan. Oleh karena kta memiliki Roh Tuhan yang selalu mendampingi, tetapi perlu diingat, bahwa kekuatan itu dapat kita miliki tidak dengan cara yang sembarangan. Kita harus memiliki ketertiban. Tertib dalam melakukan ketetapan-ketetapan dan aturan-aturan yang Yesus berikan. Sebagai contoh, tertib untuk terus berdoa dan bersekutu dengan Tuhan dll. Tertib berarti taat. Jika kita tertib lalu lintas, berarti kita akan taat pada rambu-rambu yang berlaku. Demikian juga tertib dalam kerohanian, berarti taat pada Yesus Kristus.
   Jangan berharap akan mendapat kekuatan jika hidup kita tidak tertib atau tidak taat. Roh yang diberikanNya adalah Roh yang tertib. Jadi jika kita memiliki roh yang tidak tertib atau taat. Itu bukan berasal daripadaNya. Ketidaktaatan kita akan berdampak pada kekuatiran atau ketakutan dan akhirnya melelahkan iman. Jika sudah lemah maka kita akan terjatuh. Roh yangdiberikanNya adalah Roh yang luar biasa dan mendidik kita dalam ketaatan dan ketertiban dan membuat kita kuat dan berani menghadapi segala keadaan.