April 22, 2011

Jangan Takut Melangkah Bersama Yesus


Dibalik semua peristiwa dalam kehidupan ini pasti ada maknanya. Pemaknaan ini hanya bisa dimengerti bila manusia mau belajar dari peristiwa itu sendiri, karena dalam setiap peristiwa ada proses pendidikan di dalamnya yang sedang menuntun kita ke dalam kedewasaan. Baik kedewasaan iman atau kedewasaan berpikir. Kedewasaan ini juga yang akan menuntun manusia untuk siap menghadapi kehidupan ini. 
   Belajar dari rangkaian peristiwa sepanjang pelayananNya itulah yang ingin Yesus sampaikan kepada para muridNya. Yesus sadar, bahwa perjalananNya ke Yerusalem dalam rangka memperingati paskah akan berakhir dengan penderitaan. Karena ada tradisi ke Yahudian bahwa pada saat paskah akan diadakan pengampunan bagi para penjahat dan pembebasan bagi yang mendapat pengampunan. Bagi Yesus, perayaan paskah akan menjadi tempat penghinaan dan pegadilan bagi diriNya. Karena Yesus tahu, sepanjang pelayananNya banyak orang yang kecewa, terpojok dan dianggap sebagai penyesat tapi sekaligus di balik itu, banyak orang yang gembira dan mempunyai hidup baru, yakni pertobatan. Bagi mereka yang kecewa, terpojok, dan tersudut karena kebenaran Allah, mereka inilah yang akan menyudutkan Yesus di depan banyak orang. 
   Sebagai pengikut Kristus, kita tahu konsekuensi logis dari ketaatan kita terhadap Yesus. Dunia pasti membenci, karena keinginannya untuk menguasai umat Tuhan tidak tercapai. Tetapi umat Tuhan akan belajar bagaimana iman menjawab dalam setiap peristiwa, karena di dalamnya kita bertemu dengan Tuhan sang guru.