April 20, 2011

Terimalah Roh Kudus


Ada tujuan dalam setiap penampakan diri Yesus sesudah bangkit. Tujuannya bukan untuk menakit-nakuti para murid. Meski dikatakan bahwa para murid takut, tetapi tujuan penampakan Yesus kepada muridNya adalah:
1.     Meyakinkan bahwa Yesus sungguh-sungguh hidup kembali
Ia bukan Tuhan yang mati; tetapi Tuhan yang hidup. Karena Dia hidup kembali maka kita mempunyai masa depan yang pasti, jika kita sungguh beriman kepadaNya.
2.     Mempunyai hikmat akan Firman Tuhan
Untuk membikka akal pikiran mereka agar mengerti firman Tuhan dalam Kitab Suci; bahwa semua yang Yesus alami, khusus kematian dan kebangkitanNya, adalah untuk menggenapkan firman Tuhan yang disampaikan Musa dan para nabi lainnya.
3.     Memberi tugas pada murid-muridNya untuk bersaksi
Isi kesaksian adalah berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa. Para murid sebagai saksi dari setiap peristiwa Yesus harus menyampaikan berita itu kepada seluruh bangsa, termasuk bangsa Yahudi. Karena itu, harus mulai dari Yerusalem. Berita itu akan mengubah setiap orang yang mendengar dan mempunyai iman dan berharap kepada Yesus.

Ada banyak sebab yang membuat kita tidak bisa mengerti firman Tuhan yang kita dengar. Pikiran kita seolah tertutup. Kita perlu roh kudus untuk membantu kita dalam segala sesuatu. Roh Kudus adalah penolong yang diberikan Yesus pada saat Ia meninggalkan kita dan naik ke surga. Tugas kita sekarang adalah menjadi saksi Kristus yang sejati. Bersyukur karena kita dilayakkan menjadi saksi Tuhan Yesus.