September 18, 2012

KEHIDUPAN KRISTEN BERGAYA BONEKA ETALASE

Suatu hal yang ingin disaksikan Allah dan yang paling dihargai-Nya adalah kehidupan rohaniku.
Demikian tinggi Ia menghargai hal ini dalam diriku, sehingga Ia menjadikannya sebagai syarat pelayanan. Harun dipilih sebagai imam besar bagi bangsa israel sesudah tongkatnya bertunas (Bilangan 17:8) ; tongkatnya mengeluarkan kuntum dan buah, sebab Allah secara ajaib telah memberi kehidupan pada tongkat tersebut. Artinya jelas ; jika aku tidak mempunyai kehidupan rohani, aku tidak akan berbuah.



Umat Allah telah melembagakan pelayanan rohani. Kita menggaji seseorang sebagai pendeta jemaat, dan karena dia secara resmi adalah seorang pendeta, kita berharap dia menjadi juru bicara Allah. Belum tentu.
Gelar bukanlah kehidupan, dan jabatan bukanlah buah. Allah tidak memberkati gelar atau jabatan ; Dia memberkati manusia, dan Dia memberkatinya sebab ia harus menunjukan aliran kehidupan rohani dalam hidupnya.

Yesus Kristus adalah Iman menurut peraturan Melkisedek (Ibrani 5:6). Mengapa? sebab Melkisedek adalah imam jika dilihat dari fungsinya, bukan dari jabatannya. Ia tidak mempunyai gedung pelayanan dan tidak emlakukan upacara keagamaan ; tetapi hidupnya merupakan curahan kehidupan Allah melalui hatinya, yang memberkati orang lain, termasuk Abraham.

Kehidupan Rohani adalah hal yang dituntut Tuhan dan yang dibutuhkan dunia. Tidak seorangpun, tidak juga seorang agnostik, yang akan menolak kehidupan dan buah yang diberikan Allah melalui Gereja-Nya ; tetapi setiap orang akan mencela dengan kehidupan Kristen yang seperti "boneka etalase", yang mempunyai wujud tetapi tidak hidup.

Jika mau melayani dunia, aku harus mempunyai hidup, yaitu "hidup berkelimpahan" seperti yang ditawarkan Yesus. Manusia tidak memerlukan sebuah "Gada" atau "tongkat" yang indah tetapi tidak berdaya membuat sesuatu menjadi baru. Allah adalah penyegar tulang-tulang kering dan pemudar padang gurun yang terbakar ; Ia adalah pemberi Roh Kudus, melalui siapa aku mendapat kehidupan yang mulia dan berkelimpahan (Yehezkiel 37:14).


Wahyu 3:21  " Barang siapa menang, ia akan Ku-dudukan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Aku-pun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya ".


Yohanes 10:10 " Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan ; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan ".